Dilarang keras MEMPOSTING ULANG artikel dari Blog tanpa seizin pemilik. Jangan me Repost cukup taruh Link saja.
DON'T HOTLINK !! ~Happy Reading~ Terimakasih :)

Sabtu, 25 Agustus 2018

[REVIEW] BTS (방탄소년단) 'IDOL' MV BY SUPERNOONA




Korea Selatan dalam hal ini lewat musik dan Korean-wave nya, emang selalu punya cara tersendiri buat beda dari yang lain.
Meskipun tetep termotivasi dari Western style juga tapi K-Pop music gak pernah kehilangan style asli mereka dalam musik dan malah sering juga sekalian memperkenalkan budaya Negara mereka lewat karya.
Ibarat pepatah “Sambil menyelam minum air” hhooo~
Kaya BTS ini, lewat Musik vidio terbarunya,“IDOL”. OT7 membuktikan kalo mereka sama sekali gak lupa dengan ciri asli musik mereka walaupun mereka udah terkenal banget di Amerika –yang jadi kiblat musik dunia– dan dunia mereka gak lupa kalo mereka adalah orang Korea.
 

Msuik dan MV BTS kali ini penuh sama simbol dan tradisi Korea. Bener-bener cinta sama negaranya mereka itu hihihi~
Supernoona sedikit (banyak) mau mereview MV BTS “IDOL”. MV nya gak serumit MV-MV BTS yang sebelumnya lah, jadi aku rasa Chingudel juga gak butuh-butuh amat ya postingan ini :V *ngoahaha*
Tapi gak papa, karena aku cinta kalian... apasih yang enggak buat kalian >< kalo kalian minta aku jadi kekasih Seokjin pun aku mau *tapi Jin nya yang kaga mau :V*


~REVIEW~

.
.
.


^^ Lirik nya sendiri menceritakan tentang BTS yang adalah  Artis, Idola, Selebritis dan sejenisnya(?) yang mendedikasikan diri mereka untuk musik dan fans -ARMY- //cieeee// 

Karena mereka adalah Idola, seringkali penggemar menganggap mereka ini sempurna *padahal di dunia ini gak ada yang sempurna ching* dan mereka pun tau itu. Mereka ya sama aja kaya manusia lain, banyak kurangnya, banyak salahnya.
Yang kita kira mereka itu hidup enak karena terkenal dan punya banyak uang nyatanya kita salah besar, jadi idol itu gak punya privasi sama sekali, gak jarang mereka harus pakai topeng supaya bisa sesuai dengan tuntutan Agensi.
Mereka gak bisa nunjukin diri mereka yang sebenernya.

"Ada ratusan aku didalam diriku
Aku menghadapi aku yang baru lagi hari ini
Itu semua aku juga
Jadi daripada khawatir, Aku hanya akan berlari" - IDOL 


CUTE LEADER😍

Makanya, sebelum "ANSWER" ini mereka itu kaya yang masih mencari-cari deperti apa diri mereka dan gak jarang mereka pun gak tau mereka itu sebenernya siapa. 

"Now i dont know me" -Fake Love

Dan walaupun mereka bahagia jadi Idol tapi kadang mereka juga ngerasa berat, karena mereka bahkan gak punya banyak ruang bebas kaya kita-kita gitu *ahh ngerti kan maksud aku*

Belum lagi “Haters” yang kadang kalo ngehujat itu bener-bener parah. Harus punya mental baja buat ngadepin mereka. Yang mentalnya minim dijamin stress sendiri.

Dan lewat “IDOL” ini , BTS kasih tips atau lebih tepatnya sharing gimana cara menghadapi HATERS itu.
Pertama adalah... “LOVE YOURSELF”, “I DO LOVE MYSELF”.
Karena dengan mencintai dirimu sendiri dan dengan tau apa yang kamu lakukan selama yang kamu lakukan itu benar gak peduli apa kata orang lain itu akan baik-baik aja buat kamu dan buat orang-orang tersayang disekitarmu.

Jadi “IDOL” ini kaya semacam Ending Story gitu dari rangkaian BTS LY. Iya kan tajuk nya aja “ANSWER” . so jadi semacam jawaban buat kita-kita yang penasaran sama story BTS ini mau dibawa kemana ujungnya.

“Aku sangat baik kemanapun aku pergi
Meskipun terkadang butuh waktu
Tidak apa-apa karena aku mencintai diriku
Tidak apa-apa, Aku bahagia  saat ini” –IDOL-

Mereka udah bisa mencintai diri mereka sendiri. Untuk mencapai titik ini tentu ada proses. Dan prosesnya itu, yaa rangkaian MV mereka sebelum-sebelumnya. Akhirnya, mereka sampai pada akhir cerita yaitu “LOVE MYSELF”,”LOVE YOURSELF”.



^^ Dan buat simbol-simbol dan tradisi Korea dalam IDOL Mv yang sebelumnya aku tulis di awal.
*Dari Musik “IDOL” aja ini udah yang “Pansoori” (Musik Tradisional Korea) banget. Ditambah OT7 yang pake Hanbok dipadu sama pakaian modern. Terus ada Namjoon dan Hoseok yang pake GAT (Topi tradisional Korea) udah nunjukin seberapa TJINTA nya mereka sama Negaranya.


* Harimau.


Harimau adalah simbol kekuatan dan keberanian. Negara-Negara Asia termasuk Indonesia familiar banget sama simbol harimau.
Rakyat Korea sendiri mengganggap Harimau sebagai hewan pelindung dari roh jahat dan juga pembawa keberuntungan.


* Kelinci di bulan


Ini merujuk pada Dongeng “Kelinci bulan” yang udah terkenal dimana-mana. Asal cerita ini dari Cina, Jepang dan Korea. Cina punya versi cerita yang berbeda tapi Jepang dan Korea versi ceritanya sama.
Tentang kelinci yang dibawa Dewa/i ke Bulan karena si Kelinci ini berbaik hati membuat Kue Mochi buat Dewa yang nyamar jadi pengemis ke bumi.
Akhirnya si kelinci dibawa ke bulan buat menemani Dewa/i.   
Kelinci ini punya dua teman yaitu Monyet dan Rubah. Setelah Kelinci dibawa Dewa/i ke Bulan, Monyet dan rubah selalu melihat bulan ketika mereka merindukan kelinci dan ketika bulan purnama datang, mereka bisa melihat kelinci yang sedang menumbuk kue mochi di bulan.

Gak tau sih apa hubungannya sama BTS. Apa mungkin karena Jungkook kaya kelinci(?) ... tapi kalo baca ceritanya, jadi keinget lagu “Spring Day”.

 
* Simbol “” (red: AI) yang berarti “Cinta” 



“ngeh” ke simbol ini karena keinget Gaara (NARUTO). Ini tulisan yang mirip kaya tulisan di jidat Gaara. (Bisa kasih tau aku juga barangkali ada chingudel yang tau apa arti tulisan ini "Cinta" juga sama kaya di jidat Gaara)
Kalo alasan Gaara nulis ini di jidat nya adalah “Bahwa mulai saat ini aku hanya akan mencintai diriku sendiri”.Dan tiba-tiba jadi sama kaya tema BTS “LOVE YOURSELF”.
Aduhhh jangan-jangan mereka emang termotiasi dari GAARA nih XD


* Warna 4 Elemen (Merah/Orange = Api, Biru = Air, Hijau = Bumi, Ungu = Angin, Kuning = yang menghasilkan Yin dan Yang. Kuning adalah simbol kebebasan dari kekhawatiran duniawi.)
Gak usah dijelasin panjang ya. Yang mau tau lebih silakan kalian searching aja di Google untu arti setiap warna dari elemen-elemen tersebut.




* Dan yang paling menarik adalah lokasi mereka joget(?) yang mirip temple.
Tempat ini familiar dengan



DNA



FAKE LOVE




IDOL
(Sekarang konstruksi ini udah bebentuk bangunan utuH)


Tempat ini pun berubah.
Dengan lebih banyak jendela terbuka, menandakan mereka sudah membuka diri.
Dan dancer-dancernya pun udah lebih berwarna dari sebelumnya.



O O UWO O O UWO


Dan review ini pun akhirnya selesai. Terus dukung BTS dan karya-karya mereka.
Annyeong Chingu~~~ >,,,<)/





8 komentar:

An ordinary girl mengatakan...

kak, gk ada niat review lagu i'm fine ? mskipun blm ada MV nya(ngarep bgt MV lagu ini dibuatin), review nya ya banding2in aja sama lagu save me gtu, aku mau ngebandingin sih cm lebih asik klo baca tulisan di blog orang :D
aaaaaaaaaaaaaaahhhhh brharap bgt bighit n BTS bikin Mv utk lagu i'm fine ... bnran sukaaaaaaaaaaaa bgt

An ordinary girl mengatakan...

bneran, aku juga pas liat karakter cina itu lgsung ingat gaaraa... wkwkwkwkwkwkkkk

Nabila Syifa Azzahra mengatakan...

Gomawoo unnieeeeeeeeeee😘😘😘😘😘😘😘😘😘😘😘😘

supernoona mengatakan...

Jujur aja aku belum denger yang Im Fine, ching Alisha 😂😂 tapi kalo kamu bilang "sukaaaaaa bgt" berarti lagunya dijamin enak.hho

supernoona mengatakan...

Thank you very kamsa karena
udah kasih Supernoona banyak LOVE 🙏🙏🙏🙏🙏😍

Anonim mengatakan...

Btw secara pribadi aq kurang menikmati track cb kali ini TT

Unknown mengatakan...

Kalu tentang bts pasti nyari nya di supernoona 💕 gomawo eonni

Indah_Nchim07 mengatakan...

Boleh share no eon?? Buat sharing sharing tentang mv bts yang ga paham ehehe