Dilarang keras MEMPOSTING ULANG artikel dari Blog tanpa seizin pemilik. Jangan me Repost cukup taruh Link saja.
DON'T HOTLINK !! ~Happy Reading~ Terimakasih :)

Selasa, 14 Februari 2017

[REVIEW] BTS - SPRING DAY ('봄날) MV

REVIEW MUSIK & MV SPRING DAY – ‘BTS’
By xxadllgdrgn

-
-
-

AnyyeoNG, Readers-nim! 😆😍
BANGTAN kesayangan comeback (lagi) nih .
Yeokshi ya secara berturut-turut gitu lohj, BTS berhasil mengaduk-aduk hati banyak ARMYs –dan banyak orang– lewat eksistensi mereka yang gak manusiawi wkwkwkwk. :v
Menurutku BTS berhak dapet tempat khusus dihati para pendengar karya mereka sebagai terobosan besar jagat per-kepopan. *clapclapclap*
makin banyak juga ya fans nya BANGTAN, makin susah juga dong dijangkaunya. huahaha~
tapi ya rapopo(?). syukur Alhamdullilah karena kesuksesan BANGTAN kesuksesan ARMY juga. <3

Dan single Spring Day ini datang cuma berselang 3 bulan setalah era Blood Sweat & Tears “WOAHHH” sekali BTS! -_-

Spring Day ...
Entah harus bilang gimana lagi sama setiap karya BTS.
Honestly, sampai saat ini belum pernah dikecewain sama title trek nya BTS.
Dan Spring Day ini juga, sebagai title trek nya “You Never Walk Alone” aka “YNWA” guw sangat love sama lagu dan liriknya.
Melodinya indah banget dan pilihan part dari masing-masing member juga ‘pas’ bighit, ditambah dengan penyampaian feel yang ngena ke hati. Seriusan ^^ guw berusaha seobjektif mungkin dalam menilai.
Karena musiknya emang easy going dan ear catching banget. gak terlalu keras tapi dan yang pasti gak letoy.
 
Dan sebagai informasi aja buat yang belum 'ngeh'. Kalo kalian bertanya-tanya dimana suara J-Hope aka Hoseok didalam lagu Spring day kalian bisa denger suaranya di bagian reff (hampir setiap reff kayanya) XD
Dia cuma jadi backing vokal nya vokal line sih, tapi menurut guw karena suara J-Hope lah reff lagu ini jadi bisa bikin buduk merinding(?).
(apakah cuma guw yang ngerasain itu?) soalnya gak tau kenapa, tapi feelnya something aja –susah dijelasin pake tulisan– dan lebih berasa kalo denger nya pake headset.

                     **********************************


Bahas musiknya udah sekarang lanjut ke MV. ^^
ini masih anget banget... jadi kaya biasa meskipun ini sedikit menyebalkan karena selalu penuh dengan misteri-misteri bang*** *datt* 
tapi guw udah memutuskan untuk tetap mereview mv ini seperti yang guw lakukan pada mv BS&T dan beberapa mv lain yang udah pernah guw review sebelumnya. -__-

This MV so fuc*in awesome,bruh! –cukup banyak adegan demi adegan yang bakal guw bahas. Jadi,ini seriusan bakalan panjang sepanjang kereta dalam mv ini. Ditambah ada beberapa hal yang bakalan diulang karena guw sungguh ingin membahas mv ini secara menyeluruh, karena itu screencap nya pun banyak–
Jadi jangan ragu kalo bener-bener pengen baca XD
Kalo gak kuat boleh lambaikan semp*ak nya Suga ke depan layar masing-masing(?) XD
Guw akan menyalurkan apa yang guw pikirkan tentang isi Mv Spring Day. Semoga chingudeul bahagia setelah baca postingan ini. J

-___- Ahh buruan,min jangan banyak kue pancong nya! #dzighh XD

!. Baiklah, untuk permulaan guw akan menerangkan(?) ‘TEMA’ dari Mv Spring day.
Ini adalah tentang usaha BANGTAN untuk berdamai dengan rahasia gelap mereka dan perjuangan untuk bisa keluar dari hal tersebut.
Mereka yang mengingat kenangan-kenangan masa lalu dan sedang menunggu moment ketika mereka bisa kembali bertemu untuk bersama-sama memulai sesuatu yang baru.

Masih dengan tema “Youth” seperti era HYYH dan WINGS . 
Cuma kali ini guw merepresentasikan kalo era “YNWA” ini akan jadi akhir dari dua era tersebut.
Jika di HYYH adalah tentang masa remaja dan saat mereka struggle atau berjuang menghadapi dunianya orang-orang dewasa.
maka di WINGS dan YNWA ini akan jadi masa pertumbuhan dan proses BANGTAN untuk meninggalkan masa remaja menuju kedewasaan.

2. 

Pertama, Mv diawali dengan V yang ada di sebuah stasiun kereta api. Tempat yang dipenuhi dengan salju tebal (ching,perhatiin ya scene diawal ini dan bandingkan perbedaannya dengan situasi di akhir mv).
Scene V ini menandakan awal dari perjalanan 7 member BTS di masa “Youth” mereka.

Lalu kita lihat V yang berlutut dan menempelkan telinganya di rel.
Mau apa? Ini bisa di artikan kalau V mencoba untuk bunuh diri.
lalu lihat ke matanya yang juga menyampaikan kesedihan (jika kalian bisa lihat dari mata V terlihat kereta yang mulai datang ke arahnya).
dan guw jadi inget sama kalimat "Windows into the soul" dan disini seolah mata V menggambarkan kesedihan dari dalam dirinya.
Tapi back to tema dalam MV, dalam hal ini sebenarnya menyimbolkan V yang sedang berusaha untuk berdamai dengan kenyataan bahwa dia harus move on dari anak-anak menjadi orang dewasa. V ini sedang berusaha 'membunuh' masa remajanya.
Dan Stasiun kereta ini menggambarkan teorinya. Dia yang berlutut di rel itu bisa menggambarkan perasaan takut,kesedihan, dan ketidak berdayaannya ketika ia 'dipaksa' harus menjadi dewasa dan mulai bertanggung jawab atas hidupnya sebagai orang dewasa.
 
3. Dan kemudian kita beralih ke Jungkook yang duduk sendiri di dalam kereta.
Jungkook terlihat merenung dan guw dengan sok taunya berasumsi kalo Jungkook ini sedang merenungkan masa lalunya dengan ke-6 member yang mulai menyadari kedewasaan yang menghampiri mereka (karena gak mungkin dedek nochu lagi merenungkan masa depannya dengan diriku) wkkkkksss~ :V
–dan perlu diingat juga kalo bisa jadi adegan-adegan Jungkook di dalam mv Spring day adalah tentang “HARI INI”. Karena nanti akan banyak scene-scene lain yang guw jelasin sebagai flashback. 
Flashback disini akan berarti member yang sedang bergerak menuju proses kedewasaan mereka–

4. 

(Tolong lirikannya dikondisikan. gimana kalo lirikanmu itu binatang hamil semua,Chim 😫)

Dan sekarang terlihat Jimin yang duduk di tepi laut /kaya anak ilang ya dia/ Jimin ini karakter penting jadi musti diperhatikan, dia akan jadi kunci dalam makna di mv ini. Hahahah~


Juga perhatikan sepatu yang muncul(?) dan terdampar di tepi laut.
Fyi, laut adalah simbol dari kekuasaan,kekuatan,misteri,kehidupan,dan juga harapan.
Dan air bisa berarti sebagai kehidupan/kelahiran kembali.
Tentang sepatu yang terdampar di gigir pantai...
Di beberapa negara Asia biasanya sebelum melakukan bunuh diri mereka akan melepas sepatunya, ini juga sebagai tanda kalo mereka melakukan itu atas keinginan mereka sendiri bukan dibunuh seseorang.
Dan dari beberapa cerita detektif yang pernah guw liat atau baca pun pernah ada kasus kaya gini.
Jadi initinya, sepatu yang ditemukan Jimin adalah milik seseorang (atau mungkin milik dia sendiri) yang merujuk pada kematian.

(Guw suka banget make up Namjoon disini >//<) 

5. Dan yang juga menarik perhatian adalah kondisi didalam kereta.
Scene nya Rapmon ini keadaan didalam kereta itu berantakan tapi dalam beberapa adegan terlihat kalo gorden jendela kembali rapi. Jadi guw berpikir kalo mv ini berjalan bolak-balik. Atau alurnya maju mundur maju mundur cantik(?) *pfftttt* .
Dimana situasi yang terjadi berada diantara kekacauan dan kesederhanaan.

6. Hal lain yang juga sangat penting dalam mv ini adalah perjalanan melewati pintu. /jadi inget Goblin ini/ wkwkwk
Pintu yang ada di dalam kereta dan setiap kali mereka melewati pintu itu akan masuk lebih jauh ke ruangan atau bagian lain di dalam kereta.
Gimana mereka bergerak ini bisa diartikan sebagai mereka yang sedang menghadapi kenangan dan mengingat rahasia masa lalu mereka untuk bisa berpindah menuju masa depan yang lebih baik.

7. Pintu pertama mengarah ke (motel) OMELAS

Kalo kalian belum tau tentang apa itu Omelas... itu adalah sejenis makanan yang berbahan dasar telur dan mie terus dikasih campuran daun bawang seledri biar rasanya lebih maknyussss! *BUKAN ITU!*
Oke, biar guw jelasin secara gak detil sebenernya :v
Tentang cerita karya Ursula K.Le Guin yang berjudul “The Ones Who Walk Away From Omelas”.
Jadi kalo gak paham chingudeul yang budiman bisa baca sendiri ceritanya, karena cuma 4 halaman kok (ya kalo gak salah) jadi gak akan butuh waktu 1 tahun lah buat menapatkan bacaannya XD

Omelas ini adalah sebuah kota yang diceritakan penuh dengan kilauan dan rakyatnya yang bahagia. Pokoknya kota yang luar biasa menyenangkan.
Rakyatnya selalu bahagia meskipun mereka terbatas dalam hal teknologi tapi mereka adalah rakyat yang cerdas. Intinya Omelas adalah kota yang sempurna.
Tapi sebenarnya gak sesempurna itu. Ternyata di sudut kota Omelas tinggal seorang anak yang dikorbankan demi kebahagiaan banyak orang di kota. Anak ini hidup menyedihkan. Dia kesakitan dan kesepian.
Rakyat tau dan datang menengok anak ini tapi kemudian berakhir dengan hanya mengabaikan dia.
Rakyat Omelas tidak melakukan tindakan apapun untuk menolong si anak. Karena mereka percaya jika mereka mencoba menolong maka kebahagiaan dan kilau di kota mereka akan menghilang. (Untuk beberapa alasan Jungkook adalah anak dalam Omelas)

Terus apa hubungan mv ini dengan Omelas?
Pada dasarnya adalah tentang kehidupan dari 7 anak laki-laki ini. Seperti kota sebenarnya dalam cerita Omelas , kota yang tampak bahagia dan sempurna. Tapi ternyata yang sebenernya terjadi kota itu gak sesempurna yang dilihat.
Hubungannya adalah bahwa  dalam beberapa flashback yang terlihat 7 anak ini masih terjebak didalam pola pikir bahwa ketidaktahuan akan membuat mereka selalu baik-baik saja.
Mereka berpikir jika mengabaikan rahasia gelap disekitar mereka akan membuat mereka bahagia. Padahal pada kenyatanya hidup ini gak semudah itu, right?
 8.

Yang kita lihat melewati pintu pertama kali adalah Rapmon dan kita terus melihat Rapmon yang maju melewati bagian lain dari kereta. Sampai kemudian di melewati gerbong yang ada Jungkook nya disana.
Pada scene ini Jungkook masih berkutat dengan lamunannya. Masih memikirkan apa yang harus dia lakukan, dan scene ini menjelaskan kalo Jungkook masih belum siap untuk terus maju sendirian tanpa member lain disampingnya.

9. Pintu yang kemudian Rapmon lewati diringkas kedalam adegan-adegan tertentu.
Ini adalah flashback yang diawal guw kasih tempe(?). saat member masih muda,bikin kekacauan disana-sini,dan hidup tanpa beban.
Pakaian yang mereka kenakan juga semakin menggambarkan kalo mereka ini masih kekanak-kanakan, masih bertindak lepas sebagai anak-anak dan bahagia tanpa beban.
Gak ada urutannya tentang apa aja yang mereka lakukan, yang bebrarti flashback ini bisa mewakili kejadian atau kenangan masa lalu mereka dimana mereka masih ngelakuin hal-hal yang kekanak-kanakan dan mengabaikan konflik apapun yang mungkin akan merenggut kebahagiaan mereka. *ciaaaa bahasa guw :v



10. Sebagai contohnya adalah Rapmon yang pake mahkota plastik di kepalanya.
Mahkota adalah simbol dari kekuatan dan keabadian. Jadi mahkota bisa diasumsikan juga sebagai pola pikir anak muda yang cenderung berpikir kalo mereka tidak terkalahkan. Tapi faktanya, mahkota yang digunakan Rapmon adalah mahkota mainan = pola pikir yang rapuh.
Yang artinya mereka gak bisa mengabaikan kenyataan bahwa mereka harus siap menghadapi dunianya orang-orang dewasa.



11.


Tangga, simple aja tentang arti tangga. Tangga itu berarti tentang bergerak maju atau bergerak mundur (naik atau turun).
Bisa mewakili perasaan takut akan jatuh, kegagalan, kesuksesan, dan tantangan. Dan tangga pun ngebawa kita kembali ke tema Mv ini “Move On”.
Perhatikan kalo member disini gak cuma berjalan lurus tapi juga spiral. Hal ini bisa diartikan kalo member ini memang bergerak maju tapi mereka akan tetap perlahan-lahan untuk sampai ke atas.
Lalu tentang Jin yang satu-satunya ada dibagian bawah tangga sambil melakukan pose kamera dengan jarinya.


Guw gak tau kenapa Jin satu-satunya yang ada dibawah seolah dia sendiri yang terjebak disana.
Tapi pose kamera itu bisa berarti kalo Jin ini 'fokus' atau sedang mengamati semua yang ada diatas dia.
Nah, inget kan pasti ya sama karakter Kim Seokjin yang selalu bawa kamera polaroid, kali ini kamera itu gak ada tapi dia ganti dengan pose kamera menggunakan jari.
Guw asumsikan kalo di era ini Jin gak lagi memerlukan kamera untuk mengabadikan moment bersama member yang lain.
Karena sahabat-sahabatnya tidak pernah meninggalkannya, mereka berada diperjalanan hidupnya bahkan sampe dia dewasa.

Dan V yang juga melakukan pose kamera dengan jarinya sama kaya Jin.
Guw juga liat kalo sepanjang Mv V ini sering juga terhubung ke Jin (di mv sebelum-sebelumnya juga,‘kan?).
Guw sih mengartikannya kalo V ini akhirnya mengikuti Jin –menjadi dewasa– dan kemudian diikuti dengan Jungkook yang kita liat ada di depan cake ulang tahun.
Ini seperti simbol bertambah usia, jadi seperti Jungkook mulai bersiap untu dewasa.
Meskipun keliatan sejak awal takut membuat transisi tapi akhirnya Jungkook memutuskan untuk bergerak.

(Jimin satu-satunya yang gak mandang cake itu
Jimin belum siap dewasa)

12. Berikutnya adalah scene nya Baby Nochu~
Guw gak bisa bilang kalo Jungkook ini lagi ada disebuah taman bermain. Yang jelas ayunan dibelakangnya itu walaupun keliatan mewah tapi udah bobrok wkwkwk.
Jadi guw menggambarkan ini sebagai flashback Jungkook ke masa lalu. Dalam mv ini ayunan itu seperti sesuatu yang akan mereka lewati. jika mereka bergerak maka wahananya akan seperti berputar.
Diam dan kemudian bergerak lagi, wahana berputar ini seperti menggambarkan mereka yang bergerak dalam sebuah lingkaran. Mengingatkan mereka pada masa lalu yang tampak bodoh dan bahagia dengan dunia mereka sendiri.
Tapi karena wahana itu tampak tua dan kembali berputar berarti menggambarkan mereka yang sekarang mulai meninggalkan masa mudanya dan kemudian bergerak maju. 


13. Sekarang kita hampir sampe ke poin mv Spring Day.
Dimana semua member terlihat mulai menyadari kebenaran bahwa menghindari kenyataan adalah kesalahan.
Sekarang mereka mulai untuk menghadapinya. Adegan-adegan yang ada mewakili member yang tidak bisa berpura-pura meyakinkan diri kalo mereka hidup di dunia yang sempurna.


 Ada adegan Jin dan V yang ngelepas baju mereka –dan adegan ini akan mengarah ketitik berikutnya–
-
Di tempat laundry –tempatnya pakaian-pakaian kotor berkumpul–
Pakaian kotor adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sebuah rahasia. Berada di binatu kaya mengartikan bahwa mereka siap untuk dibersihkan dari masa lalu mereka.
Adegan Jin dan V yang melepas baju juga berarti mereka siap untuk dibersihkan.


Terus ada lagi Jimin yang mash bawa-bawa sepatu di scene dalam binatu ini.
Disitu keliatan kalo Jimin juga pake sepatu lain dikakinya
Kamera mengarah ke Jin yang kemudian memandangi pakaian kotor di mesin cuci. Dan kenapa bayangan Jimin gak ada di pantulan kamera dari dalam mesin cuci yang dilihat Jin adalah karena Jimin masih belum berdeal dengan masa lalunya.
Itu juga kenapa cuma Jimin yang keliatan gak berinteraksi dengan member di scene itu. Karena guw pikir adegan ini adalah dimasa berikutnya disaat mereka mulai menyadari kedewasaan mereka.

14. 
Ya coba gimana guw mau move on dari lu coba Yoongi kalo tiap hari lu malah makin bersinar... duh Gusti 😎


Lalu Suga yang duduk diatas gunungan pakaian kotor dalam keadaan gelap dan cuma ada sedikit cahaya yang bersinar.
Lirik part rap Suga :

“Apakah kau yang berubah? Ataukah itu aku?

Aku benci saat ini, waktu berlalu dan kita berubah

Kamu tau seperti yang orang lain juga tau”

Maksudnya disini tumpukan pakaian itu menyimbolkan masa lalu. Dan saat ini waktu berjalan, usia bertambah dan tanggung jawab akan hidup pun semakin besar. Kedewasaan mulai datang dan tentu harus berubah.
Dari anak-anak menuju orang dewasa. Dan terkadang perubahan itu emang ngeselin sih ya,ching.
But~ life must go on! Gak bisa stuck disitu aja. Intinya meski gak siap jadi dewasa toh harus dihadapi juga karena udah hukum alamnya begitu(?).

Taukah dirimu kalo scene kamu yang ini keren sangat, Hobi ya~

Dan J-Hope yang terlihat duduk diatas kereta dengan ekspresi yang menunjukan perasaan bebas.
J-Hope berarti sudah bisa menerima dirinya yang harus jadi dewasa.
Ditandai juga dengan dia yang menerbangkan pesawat kertas yang melambangkan masa kecil, sekaligus menunjukan kalo J-Hope sudah melepas masa mudanya.

15. 


Jungkook yang tadi masih terjebak dalam 1 tempat sekarang mulai bergerak. (tadi udah guw jelasin tentang proses Jungkook menerima kedewasaannya ya nah sekarang dia mulai move on nih)
Ia mulai membuka pintu pertama dan sampai di motel Omelas, sekarang motel nya terlihat gelap dan gak lagi mengundang kaya di part awal.
Disitu juga tertulis “No Vacancy” yang berarti udah gak ada lagi kamar kosong.
Tapi dia terus menghadapi masa lalunya dan terus berjalan melalui itu. Dan satu hal yang musti diingat tentang karakter Jungkook disini, bagaimana dia merasa putus asa dan terus berlari mencari keberadaan member lain.
Yang diawal guw bilang tadi kan Jungkook ini masih takut untuk berjalan sendirian tanpa member. Sampe kemudian di scene berikutnya Jungkook berhasil menemukan hyung-hyung nya dan ekspresinya seketika berubah saat itu juga.
Dan kemudian kita lihat kereta dengan Jungkook lain didalamnya yang lewat didepan Jungkook yang lain.
Kereta itu menuju sebuah terowongan yang mengartikan sebagai perpindahan, karena setelah ujung terowongan itu akan ada cahaya.
Yeokshi, Jungkook berhasil berdeal dengan masa lalunya.

Dan dalam beberapa adegan akhir dimana mereka masih tampak kosong, Jungkook terlihat menyalakan cahaya -dari korek api- dan itu mewakili bagaimana mereka pada akhirnya bisa mencapai titik dimana mereka bisa menuju kedewasaan dan tetap bersama-sama.

16. And then~ tumpukan cucian kotor sekarang keluar dari kegelapan. Yang berarti mereka sudah berdamai dengan masa lalu.


17. Dan perhatiin juga deh, kalo ketika mereka melakukan perjalanan dengan kereta hari juga berganti. Dari gelap ke terang yang menandakan itu menjadi proses akhir dari masa lalu dan awal dari masa yang baru.
Dan dari sini kita bisa menerapkan bahwa member selama ini bergerak maju. Perhatiin juga salju sepanjang jalur kereta dan bandingkan dengan salju yang ada menuju akhir dan diakhir mv.

18. 

Setelah berdeal dengan masa lalunya Jungkook pun membuka matanya. Awalnya kita mengira dia masih sendirian tapi ternyata disana ada semua member termasuk Jimin.
Relate dengan title album ini yaitu “You Never Walk Alone”.
Mungkin terlihat seperti kamu sendirian tapi sebenarnya kamu gak pernah sendiri.
“Meskipun masa muda udah lewat tapi segalanya akan baik-baik aja, karena ada para sahabat disamping kamu^^
Meskipun mereka dan kamu tumbuh menua, dan waktupun terus berlalu, sahabatmu akan selalu ada buat kamu.” 
Makanya seenggaknya kalian musti punya sahabat walau satu orang aja. Sahabat dan teman itu beda artiannya... Teman itu ya biasa kalo sahabat itu orang spesial yang bisa diajak gila,sedih,seneng,dan kita bisa jadi sendiri disaat kita sama dia/mereka.”(^0^)/

18. Kemudia mereka sampai di tempat tujuan. Yang pertama kali keluar adalah Jimin lalu dia mengajak semua member buat ngikutin dia.
Merekapun menuju sebuah pohon tunggal yang ada ditanah lapang.
Pohon yang gundul tapi gak mati. Pohon sendiri melambangkan kekuatan abadi.


Dan kemudian Jimin kembali dengan sepatu dan sekarang menggantungkannya di pohon tersebut.
Ini bisa berarti Jimin yang mulai mengikuti jejak yang lainnya dan mulai menerima untuk menjadi dewasa,

(Catatan)
·        Pohon yang tampak gundul itu akan tumbuh lagi nanti daunnya ketika musim semi datang. Itu akan menjadi kehidupan baru dan hal ini bisa diartikan sebagai awal yang baru bagi ke 7 membe.
Bagaimana sekarang mereka berada dalam tahap yang baru di kehidupan mereka.


·        Lahan yang luas dan tandus ini bisa diartikan sebagai ke-7 member yang awalnya tidak tau apapun akan tumbuh seiring berjalannya waktu. Mereka masih belum tau apa yang pasti akan mereka lakukan, tapi luasnya tanah lapang seolah mewakili segala hal yang jumlahnya tidak terhitung.
·        Sepatu menjadi simbol dari masa lalu yang gelap yang berhasil diatasi.
·        Melempar sesuatu ke pohon juga dapat diartikan kematian. Bukan berarti guw bilang tentang kematian salah satu member tapi ini melambangkan kegelapan masa lalu.
Menggantung sepatu di pohon berarti mengartikan ke-7 member sudah berdamai dengan masa lalu dan akhirnya berhasil “membunuh” rahasia gelap mereka.
Mereka tidak bergerak seolah masa lalu itu tidak pernah ada tapi mereka akan menggenggam masa lalu sebagai pelajaran hidup yang penting.
Dan bicara lagi tentang scene di binatu. Dalam mesin cuci bertuliskan “Jangan lupakan” yang menggantung dan guw bilang tadi scene itu adalah masa yang baru untuk mereka. Itu menginterpretasikan bahwa mereka siap bergerak maju tanpa mengabaikan masa lalu mereka. 


Dan sebagai akhir, guw akan menjelaskan beberapa poin yang belum ditulis diatas. Karena biar gak bingung baca review nya.

-* Pertama, tentang arti dari“pakaian” :
Semua orang pasti punya pakaian yang udah gak muat lagi buat dipakai.
Ketika kalian bertransformasi dari kecil menjadi besar, gak mungkin dong ketika pertumbuhan itu terjadi kalian masih bisa pake baju pas kalian saat kalian kecil, itu mustahil wksss~ XD
Nah, pakaian di spring day ini mendeskripsikan masa lalu mereka yang gak bisa “dipakai” lagi.
-* Kedua, adalah tentang "sepatu" :
Jimin memperlihatkan sepasang sepatu hampir sepanjang part nya di mv ini. Entah itu kepunyaan siapa. Awalnya guw berpikir sepasang sepatu itu milik Jin yang selama ini kita tau gak punya sepatu(?) atau bisa juga itu milik Jimin sendiri?
Mudahnya, sepatu ini diartikan sama kaya pakaian. Jimin atau (kita) memakai sepatu yang lebih besar sekarang jadi sepatu itu udah gak bisa dipakai lagi.
Dan diakhiri dengan menggantung sepatu yang berarti pada akhirnya mereka mulai menerima bahwa mereka bukan anak-anak lagi.


-* Ketiga, "Kereta" :
Kereta digunakan sebagai alat transportasi (iya tau) untuk berpindah dari lokasi satu ke lokasi lain.
Dan di mv Spring day bisa diartikan sebagai perjalanan menuju takdir yang belum diketahui.
Menggambarkan BTS yang melakukan perjalanan dari masa muda menuju kedewasaan.

-* Keempat adalah "Omelas" :
Yang guw sebut sebagai motel disini. Bisa diibaratkan seperti, “Benar, kamu memang tinggal disini tapi tidak bisa berada disini selamanya. Kamu akan pindah nanti.”
Ya namanya motel ya cuma sebagai tempat singgah sementara. 


-* Kelima, musim :
Sudah diperhatikan?
Di awal mv jelas adalah musim salju dengan salju yang sangat tebal. Tapi diakhir saljunya sedikit menandakan mulai memasuki musim semi.
Ini menandakan kalau waktu berjalan maju. Dan member bergerak maju juga.
 (BANDINGKAN!)

Menjadi dewasa mungkin mengerikan pada awalnya tapi itu akan baik-baik saja kemudian. Jadi dewasa bukan berarti hidup dengan cara membosankan. Kita masih bisa sesekali mencoba jadi seperti anak-anak tapi pola pikir nya aja yang harus berubah.
Gak bisa berpura-pura gak ada beban kaya anak-anak. Dan musim disini menandakan kalau waktu berlalu dan ada perubahan yang terlihat.

******************************

MV BTS selalu brilian dan layak untuk dicermati. Sungguh ini melelahkan tapi entah kenapa setelah selesai rasanya seneng. XD
Diawali dengan HYYH era. saat “I Need U”, segala konflik dimulai, lalu berlanjut ke “RUN”, BTS yang merusak hidup mereka, dan bergerak ke WINGS era, yang menjelaskan tentang BTS yang sedang mencari jati diri mereka.
Perasaan marah, bingung, berantakan terpecah diantara masa anak-anak menuju dewasa. Mereka tidak ingin tumbuh dan tetap ingin menjadi “Young Forever”.
Jika di mv sebelum-sebelumnya kereta sama sekali gak bergerak, atau bergerakpun di RUN tapi mereka gak naik, di Spring Day mereka bener-bener melakukan perjalanan dengan kereta.
Itu karena sebelumnya gak ada satu pun dari member yang sudah siap menjadi dewasa tapi kali ini mereka resmi meninggalkan masa remaja mereka dengan menerima tanggung jawab sebagai orang-dewasa.

Terakhir guw mau menambahkan ini cuma pendapat guw pribadi dan sama sekali gak memaksa bahwa interpretasi ini adalah makna Spring Day yang sebenarnya.
Guw cuma bermaksud ingin berbagi apa yang guw pikirkan dan semoga bisa membantu atau menghibur beberapa orang.



Da~ ! ^^ #xxxadllgdrgn #adllvip.blogspot

68 komentar:

Nabila mengatakan...

Annyeong mimin.. mau tanya deh, sebelumnya kan udh banyak mv theory di youtube ttg spring day. terus ada teori dari semua adegan, hampir semua member itu nengok ke kiri sedangkan jungkook nengok ke kanan. Itu ada hubungannya gak sama interpretasi dr spring day? Gomawo~ :)

AoIce mengatakan...

Yeoksi... kakak memang jjang!
Aku sampe speechless baca ini '.'
Makasih review-annya kak ^^
Oh, terus di menit 02.01, scene Suga gosok gigi, itu J-Hope masih di depan kaca. Kalo diperhatiin, ada yang sosok yang lewat di pantulan kaca. Aku penasaran itu siapa. Liat dari bajunya kayak Rapmon, tapi sekilas kayak perempuan XD

SONGKET mengatakan...

Yes..keluar juga reviewnya..udah beberapa hari gue bolak balik ke blog ini..betewe thank you reviewnya eon💜💜💜spring day mantep bgt apalagi dibagian uwuooo uwoo, itu favorit banget..ot7 makin gantenggg apalagi jhope ama rambut ungu pink? Nya dan jimin dengan pink pinky nya *bikin kejang2 wkwkwkk,udah ah cmmnt udah kepanjangan😆, intinya mv ini keren eon👏👏

Unknown mengatakan...

Keren banget min .... jdi terharu membacanya :')..membaca review plus musik spring day jdi makin terharu membacanya .. pokok nya kren abis min ... makasih ya min :):);)

keyhobbs_99 mengatakan...

wwoahh,,,, ternyata semuanya itu ada sangkut pautnya sama era-era sebelumnya ya? luar biasa, mv mereka emang gak ada duanya, apalagi kalo melihat dari segi makna yang ada didalemnya, kereen kereen!!! dan, thanks a lot buat review-annya, btw aku emang udah nunggu review ini dari kemarin-kemarin sih hehe soalnya review-an disini bagus hehe... btw, mengikuti jejak BTS kayaknya aku pun harus siap-siap ber-deal dengan masa lalu dan mulai bergerak dengan kereta menuju si 'spring day' alias kedewasaan *ceileeh.. hehehe makasih banyak authornim, review-an nya ngasih aku motivasi untuk gak ragu melangkah jadi orang yang lebih dewasa^^

Unknown mengatakan...

Kaka, sorry menyela, tapi, mau tanya, ada bbrp ARMY yang bilang, simbol dari sepatu yang digantung itu adalah kematian. Dulu, jika ada tetangga yang meninggal, maka sepatunya diikat lalu digantungkan di pohon dirumahnya. Ini sebagai simbol agar arwah orang yang meninggal itu cepat masuk ke surga. Ini maksudnya gimana ya kak?

supernoona mengatakan...

😀 Hai... Begini ya ching,sebenarnya tradisi ngelempar sepatu ke pohon ini banyak di temui di Amerika dan Kanada.
Dan ternyata di beberapa negara pun ada dan punya arti yang berbeda.
Benar, menggantung sepasag sepatu ini bisa juga diartikan sebagai tanda seseorang yang udah meninggal.
Tapi arti lain juga bilang bisa menandakan awal hidup baru di sebuah kota yang baru.
Menurut Wikipedia di belahan Eropa Timur malah berarti perlombaan.
Jadi aku ambil yg bisa realate aja sama tema mv Spring day.
Begitu😁

supernoona mengatakan...

Terimakasih sebelumnya ^^
Nah, Fighting chinguya~ ! 😁

supernoona mengatakan...

Annyeong 😀
Mungkin leher Kookie sakit jadi gak bisa nengok ke kiri wkwkw
Duhh aku gak sampe kepikiran kesana lohj

supernoona mengatakan...

Terimakasih udah mampir dan coment juga 👍
Mmm...Rapmon kayanya. Tapi aneh juga karena gak ada yg pake baju kaya gitu di behind the scene nya juga gak ada.
Jangan-jamgan penampakan ya 😱 (?)/wkss

supernoona mengatakan...

Duh makasih,Bung A *eh
Iyalah Makin kinclong , makin bening semuanya 😱 😍 hhheee

supernoona mengatakan...

Eii... Iyya terimakasih kembali >///<

Unknown mengatakan...

Annyeoooong!! Makasih min udah mau berdetektif ria sama ni mv kinclong :" Yaks, awalnya ku kira di mv ini emang bersangkut paut sama kematian, Ya sepatu jimin yang kayaknya mahal itu/?/penyebabnya. Soalnya temen2ku juga bilang kalo itu sepatunya V, secara kan V di mv Run pas tenggelam ga pake sepatu. mungkin lagi di laundry*plak. Ada juga yang bilang sepatunya Jin. Yakali jin masih gentayangan/?/ dari prologue, secara tu emak emang suka nyeker. Dan tulisan 'No vacancy' sesederhana itukah maknanya? coz ada yang bilang tulisan itu merujuk ke film horror no vacancy yang ceritanya 7bersahabat dibunuh di motel :'D. Lha mereka mati gitu? tapi mimin udah kasih pencerahan bersinar ala sunlight, dan akupun jadi paham yang dibunuh itu masa lalu mereka biar mereka move on jadi dewasa. Sesuai dengan rute kereta yang nempel di foto teaser. Mereka juga bakal berhenti di stasiun2 kehidupan berikutnya :')

Beuh daebak emang si Spring day ini... rekornya pecahhh.. makin proud ama bangtan! yalagi wingstour ke jakarta, tapi gua ga punya duit :"D
Udah lah malah kayak pidato!

Gomawo min~ salam Army!

p.s bang agus hot pink amat

Unknown mengatakan...

ahhh akhirnya keluar juga reviewnya... seperti biasa aku bingung pas nonton mvnya karna kmu belum ngeluarin review.. tapi sekarang aku udah ngerti sama jalan ceritanya...

kayanya staf" di bighit itu kreatif semua yah.. bisa banget mereka bikin konsep yg keren kaya gini.. heoksi, mau CEOnya, mau ARTISnya bahkan STAFFnya pun punya kualitas..

Nabila mengatakan...

Iyaa aku jg bingung miin -_- aku lihat itu jg dr mv theory di youtube soalnya nunggu di blog ini ga muncul:(

Unknown mengatakan...

Aku mau nanya nih..kan wktu jungkook buka mata pas dy sadar kalo ada member lain..nh d stu ada adegan babang hope yg ngelus jimin kek nenangin gitu..nah itu ada artinya ngg sih min??

Anonim mengatakan...

Keren min hehe

supernoona mengatakan...

Ok😁 Jimin itu yang terakhir menyadari kedewasaannya. Itu bangunin sih kayanya bukan nenangin.
Scene nya juga banyak flashback ke kenangan sebelum2 nya juga sih.
V x Rapmon , Suga x Jungkook , Hope x Jimin , Jin 😁

Sarah Love mengatakan...

makasih ya kak sdah nge review mv BTS
mreka kreatif bnget bkin mv pke teori gtu
kakak hebat bnget nge review mv mreka, gampang di pahami, mnurut ku msuk akal bnget
makasih ya kak !!!!
salam kenal readers baru Zahra 97L

Unknown mengatakan...

Keren kak, semangat ya kak lanjut reviewnya :D

Kartika Pratiwi mengatakan...

anyyeong min !! :)) dari kemaren kemaren nunggu review akhirnya keluar juga :v bighit emang warbyasahhhh .. ��
di MV ini Min suga nya emang vangsat ya min :' kita sama sama biasin Mas Agust soalnya :D
pokonya Gomawo eonni udah mau review MV spring day ini ���� ❤

Unknown mengatakan...

Menjawab semua rasa penasaran ini *plaaakk😲 mksih reviewnya min

Unknown mengatakan...

Sejauh ini, ini adalah teori terbaik yang saya dapatkan dari mv spring day makasih buat teori nya terus jadi detektifnya army indonesia ya kak 😁

Unknown mengatakan...

D. A. E. B. A. K.. jjang ����������������

Unknown mengatakan...

D. A. E. B. A. K. JJANG 👍👍👍👍👍👍👍 terhura bacanya.. gomawo min udah mulai ga salah kaprah lagi tentang teori spring day.. 😁😁😁

XI IPS 2 mengatakan...

Waaah makasih reviewnya. Fighting eonni jangan lupa reviewin yang MV not today ya kalau dah keluar 😊😊😊

unknown mengatakan...

Min bingung nih, kok saat part dimana rapmon male mahkota V ga ada sih? Atau gue salah liat? Tp emng mereka cuma ber6 loh, bingung nihh

Unknown mengatakan...

Annyeong min...., Aku cuma mau share penemuanku aja,
1.diawal cerita v tampak menempelkan kepala di rel, lalu terdengar suara kereta, kemudian kamera tampak menyorot rel kereta dari jauh tapi setelah kita zoom ternyata nggak ada keretanya.
2.baju dan sepatu yang dipakai Jimin waktu di laut, ternyata sama kayak punya Suga, dan baju v juga sama kaya punya Jimin waktu v duduk di depan tembok bareng jin.
3.di scene waktu anggota BTS melempar kue tart ke wajah rap Monster cuma ada 6 anggota BTS, Suga, jin, J-Hope, Jimin, Jung kook, sama rap Monster, tapi v nggak ada
3.gelang tangan v yang ada simbolnya salib, yang kelihatan di awal adegan, itu juga dipakai v waktu scene v diatas kasur membuat simbol potret dengan tangannha (coba di zoom)

Nah itu min...., Kira2x ada hubungannya nggak ya... ?

Triana Febri mengatakan...

*clapclapclap*
Cuma bisa tepuk tangan..

Unknown mengatakan...

Hahaha BTS BTS. Memang Penuh Teori.. Semakin mereka Mengeluarkan MV maka Semakin Para ARMY berpikir. Apa sih Arti nya ini. apa sih maksdnya ini.... Tp Memang Super Keren BTS.. Boltourene wkwkwkwk

ChanChan mengatakan...

Akhirnya dari MV nya baru keluar aku selalu nungguin teori mu.
Teori mu paling masuk akal dan mudah dimengerti dari yang lain.
Krn memang kayaknya dari trilogi kemarin Bighit bukan fokus sama siapa yg mati atau hidup tapi proses perpindahan Member remaja ke dewasa. Salut lah sama Bighit yg kreatif dan berinovasi sama konsep. gak monoton, salut juga sama author-nim yang mau repot mecahin teori BTS yg luar binasa.
BTS jjang, author-nim jjang! Fighting!

Unknown mengatakan...

banyak yang bilang ini album/mv ada hubungannya sama sewol tragedy dan disitulah gue masih bingung.. cari2 review juga belum adasih kayanya😰😭
anyway, makasih banget udah ngereview sedetail ini, sangat membantu(?) 😅😂😂

ochakrn mengatakan...

BTS emang penuh teori:"))) pas lihat mv ini aku nggak mikirin teori sama sekali, yang kulihat hanya kegantengan para member. /heh

Unknown mengatakan...

Makasih udah ngereview... capek juga ya ternyata jadi ARMY, banyak kodenya.. untung ARMY peka, jadi ga ngambek deh BTS nya... xD
Lagu ini mungkin cocok ya buat yang mau menuju kedewasaan, kayak yang mau lulus sekolah atau mau menjalin hubungan sama seseorang.. karena ga bisa dipungkiri, setiap hal baru yang akan kita lalui di dunia ini pasti butuh yang namanya adaptasi alias penyesuaian diri yang prosesnya pasti ga mudah... yah, walaupun gitu kita harus tetep jalani karena suka tidak suka mau tidak mau suatu saat kita pasti bakal menemuinya... karena untuk menjadi pribadi yanh lebih baik itu tidak mudah, harus melalui segala macam proses yang melelahkan.... xD semangat semuanya....

Unknown mengatakan...

Min, di MV itu ada scene suga sama j-hope sikat gigi bareng, tapi j-hope gak pake sikat tp oake jari. Itu maksudnya apa?

Dan di menit awal pas part Rapmon, dia gak pake sepatu. Mungkinkah sepatunya yg dipegang Jimin?
Makasih Min

KHUSNUL KHOTIMAH mengatakan...

Woahhhh kerennn... akhirnya keluar juga review makna bts spring day. Iya juga sih, ngapain juga itu di hubungin sama kematian. Toh judul albumnya aja you never walk alone... udah pasti lanjutan yg wings kannn kekeke...

supernoona mengatakan...

Naddo gomawo ya ching udah mampir 😀

Unknown mengatakan...

Sama ka. Aq juga gag mikirin artinya. Cuma dengerin lagu nya sama liat kegantengan nya. Abis penasaran sama arti MV.

Banyak versi teori nya sih.

Yang penting enak di denger dan enak di liat :)

Novi Nur Astuti mengatakan...

Eonni, anyyeongggg.. aku mampir lagi. Tapi sepertinya aku ketinggalan 😭😭😭 tapi nggak papa, begitu cek blog eonni langsung nemu deh yang aku cari.. gomawo eonni udah mengeluarkan seluruh usaha dan pikiran untuk mereview mv oppa oppa gans inii😍😍😍. Oiya eonni aku mau nanya aku penasaran banget kenapa ekspresi jimin dari awal itu syedih terus ya, ada sih senyum tapi tetep aja feel nya itu sedih? Kenapa ya? Ato karna terharu mv nya di review nyampe detail dan sekeren ini ? Wkwkkww 😄😄 serius ah, kenapa ya eonni ? Tapi selepas dari itu, ini review beneran keren deh, most wanted wkwkw.. tetep semangat eonni, fightinggg.. idolakss pokokknyaaa 😂😁👌👍🙌😍😄😘😱😘😎👍👍👍💞🙋🙌😀😉

Unknown mengatakan...

Wuahh reviewnya jjangg... review mv not todaynya di tungguuu. 😀

hik mengatakan...

Okelah yha kucuma mampu nganga liat teorinya... ga kepikir sampe kesitu sama sekali :")PD-nim jjang lah bikin ARMY mikir keras kaya gini... oya, sebenernya kuudah baca dari kemaren, tapi baru sempat komen maapkan ya :")

j mengatakan...

Hwaa eonnie gomawoyo💙 speachless bacanya kak, gak tau kalo review mv spring day itu artinya dalam banget sedalam cinta gua ke yoongi (?). Anyway thanks a lot ka udah di beri pencerahan , ga bkalan bosan nyasar ke blog ini deh💜

Nabila mengatakan...

Review not today min 😂😂😁

jiminnie :* mengatakan...

bagus minn, btw mimin nya bahas masa lalu mulu blm bisa moveon yaaak eeaaaak...

Kei mengatakan...

Annyeong^^ keren lah teori nya :v makasih min :" :v

Unknown mengatakan...

ching.. yg no today kok ga bisa di klick yah??

Unknown mengatakan...

min review bts not todaynya ga bisa di buka

Unknown mengatakan...

kalo menurutku sih yang ada di pantulan cermin itu si Jimin. soalnya cuma dia yang pake jaket merah belang putih. coba liat lagi deh pas adegan mereka pesta lempar makanan ke Rapmon

edri test tom cruise mengatakan...

Kalo menurut aku yg pas adegan lempar makanan, sebenernya disitu ada v, cuman dia engga ke sorot kamera karena posisi dia itu lg duduk di sofa. Ada di sketching shoot kok. Tapi aku engga tau apa memang itu sengaja v tidak diperlihatkan atau gimana😁

Don't call my name mengatakan...

woah daebak banget min😍..
Tapi aku juga baca di teorinya tetangga sebelah, bilang kalo sepatu yang digantung itu adalah sepatunya mommy jin. Karna ada yang bilang kalo ada tradisi atau apalah itu Menggantung sepatu dipohon artinya adalah kematian *seperti yang sudah mimin tulis diatas*. Dan ingetkan bagian Jin di MV Run diakhirnya pas jimin megang foto member dimobil, disitu ngga ada jin nya. Dan mereka berasumsi bahwa jin seolah mati(?) *naujubilah*.
Tapi sumvah aku sampe garuk" kepala cuma biar bisa ngerti sama teori dari HYYH sampe YNWA.

Unknown mengatakan...

Asli ini review.y kren banget sumpah .. Bikin merinding2 bcanya ... Kereeen pkonya kereeenn thor ... :)

Icha Hadiqah mengatakan...

Ini kyk pemikiran awalku bhw ini ttg masa transisi mereka ke fase hidup selanjutnya. Cuma ga sedetail ini mikirnya. Aku udah duga sih semua yg ditunjukkin di sini itu punya arti sampe ke nama motel sekalipun (feeling emang gabisa boong wqwq) tapi ngga ngerti *dan males* cari makna masing2 simbol xD Pengetahuanmu seluas Suga deh :3

Anyway.. jd makin kagum sm BTS. Konsepnya ga sebatas utk 1 lagu / MV aja tapi berkaitan trs sepanjang album mereka. Bahkan I Need You itu pun ada kaitannya sm konsep berlanjutnya mereka ini ya. Dulu kirain MV I Need You itu apa banget cuma jalan2 galau emosi trs nongkrong2. Trs MV Run jg kirain cuma ngegambarin mereka anak muda yg lagi hore2 dan merasa bebas. But now that I look back to all of them... semua itu ternyata potongan puzzle dari storyline perjalanan kehidupan mereka ya. Keren keren.. bener2 keren 👏

Btw kalo Namjoon baca reviewan kamu yg filosofis gini pasti dia demen deh. Menurut aku teori kamu paling bagus dari yg lain2nya krn nyambungin semuanya dan pesan moralnya dapet banget. Konklusinya jelas. Puas baca ini.

Ditunggu review2 selanjutnya yah. Salam kenal :)

Ps: sebenernya pengen kenal lebih jauh sama kamu krn pengen punya temen yg bisa diajak diskusi ttg BTS. Aku ga cukup kalo cuma sebatas dengerin lagu doang trs fangirling liat kegantengan mereka. Pengen discuss yg berbobot but what I've found on instagram and youtube is typical of ordinary fangirl who's more focused into their look than their music and concept :')

Unknown mengatakan...

review nya sangat membantu memberi pencerahan kakak!!! Thanks a lot !!!

Leni Yuliyanti mengatakan...

Awesome !!!

ArnettaCJ 9F mengatakan...

Agak bertentangan dengan yang kubaca sebelumnya sih Hehehe, Soalnya di Teori lain Spring Day itu bahas tengang masa Lalu Rap Monster dan Suga (DikonfirmasiLangsungKatanya) Jadi bingung yang benar yang mana Hehe, Masih keganjel XD

Novelia Kavitasari mengatakan...

Wahh daebakk banget sih eonni , aku aja sampai gak kepikiran kesitu ..
Penjelasannya detail banget , gomawo eonnie :)

Unknown mengatakan...

Annyeong chingu😂😂 aku cuma mau ngebenirin ntah kenapa ada yang kurang waktu pas scene Jungkook sama anggota Bangtan lari dan pas member Bangtan ngelempar Rapmon snack dan semacamnya. Di situ V gak ada pas di shoot di depan, abis itu pas shoot di belakang V baru muncul ikut lari sama member Bangtan lainnya dan si V juga gak ada waktu yang lain ngelempar Rapmon snack. Dan makna dari simbol kotak yang di buat Jin sama V itu mempunyai arti kerahasiaan, misteri, dan kekecewaan tai bisa di artikan juga memiliki kesan keamanan, kemapanan damai dan persamaan. Dan menurut aku, disini itu sebenarnya member Bangtan meninggal semua hanya si Jin yang hidup. Bisa di bilang sebenarnya penjelasannya berkaitan sama "The Demian" di sini Sinclair di katakan mempunyai seorang penyelamat yaitu Demian. Intinya terlepas dari wujud Demian yang sebenarnya (apakah Demian adalah alter ego dari Sinclair atau Demian adalah orang yang realnya tapi menghilang ketika Sinclair​ sudah dewasa??). Jadi kalo menurut aku itu sebenarnya si Jin itu di gambarkan sebagai Sinclair dan ke-6 member Bangtan di gambarkan menjadi Demian.

Pada mv 'I Need You' Jin bermimpi dimana ia bisa melihat ke-6 member Bangtan. Mereka masingmasing mewakili alter ego atau emosi mereka. Mereka bahagia dan mendapat waktu yang indah namun 'tak ada yang selamanya'.

Pas mv 'Run' Jin mulai kelihatan aneh dan mulai menyadari 'tak ada yang nyata'.

Pas mv 'Aweke' (short film) Jinterbangun lalu dia berjalan ke sebuah tempat dimana kita bisa lihat beberapa benda yang berada di short film lain. Jin membuat benda itu sendiri dan merasakan bahwa ke-6 member Bangtan ada di "Dunia Nyata". Namun rasanya masih belum cukup untuk Jin,sehingga ia bermimpi lagi agar bisa melihat dan bersama ke-6 member Bangtan lagi.

Pas mv 'Blood Sweet, And Tears' scene ketika V menutup mata Jin dengan talapak tangannya karena V ingin jika Jin berhenti untuk berimajinasi tentang ke-6 member Bangtan yang telah tiada dan meninggalkannya. Namun V tak ingin hal itu terjadi sehingga ia membunuh Jin dan membuat Jin 'tertidur selamanya' agar bisa bersama ke-6 member Bangtan selamanya.

Lalu pas mv 'Spring Day' semua member tampak sedih dan kesepian mereka berada di jalanan namun tak ada yang melintas kecuali mereka sendiri. Karena sesungguhnya mereka tidak nyata. Mereka juga mendatangi tempat-tempat yang ada di mv BTS lainnya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada momen yang Jin buat sendiri.

Pada scene kereta api,member Bangtan sedang dalam perjalanan menuju surga. Jimin juga menggantikan sepasang sepatu di pohon yang menandakan seseorang telah meninggal dunia. dan sepatu yang di pegang Jimin itu banyak yang bilang itu sepatu Jin karena waktu foto era WINGS Jin gak pakai sepatu. Tapi di mv Spring Day yang pakai sepatu putih itu Rapmon.

Maksud dari 'You Beberapa Walker Alone' adalah meskipun seseorang meninggalkanmu itu tak akan selamanya. Mereka selalu bersamamu, berjalan bersamamu, dan mendukungmu setiap saat. Hargai setiap momen kecil di hidupmu bersama orang-orang yang kau cintai sebelum mereka pergi meninggalkan hidupmu.


Itu, kali versi menurut aku😂😂😂

Annisa Dyah mengatakan...

Merinding aslii.. Sampe sebegitunya BigHit bikin MV tentang fase perjalanan manusia. Thx bwt teorinya kak 😂😂

Rena Melina mengatakan...

Satu kata. KEREN!!!

Unknown mengatakan...

ok. speechless. gomawooo w.w

Ndaruwanti Hilda mengatakan...

Keren nih review-nya 😃

Unknown mengatakan...

paling suka sih kalo liat review di blog ini. gomawo chinguuuuu 😘

Unknown mengatakan...

tapi banyak yang bilang pas jimin ngegantung sepatu ke pohon itu artinya 'KEMATIAN' atau yang bisa diartikan ada seseorang yang 'MENINGGAL' di MV itu

Hachan♡ mengatakan...

Gomawao reviewny chinggu😘 sumpah awalnya gua bingung bgt sama teori spring day! Dan waktu baca review ini awalnya masih ga ngerti… trus gua coba liat MVny lagi… trus baca review,liat MV, pahami… and sekarang gua ngertii!!! Daebak buat reviewny 👍👍

Unknown mengatakan...

Annyeong, kak! Aku bener-bener suka sama reviewnya kakak. Aku pertama baca reviewnya kakak yang not today, dan dari situ aku tau kalau setiap mv (atau album ya?) bts ada maknanya! ternyata bukan cuma oppa ganteng yang mejeng depan kamera gitu oja. omaigat ternyata maknanya keren banget!! aku jadi kepo sama semua mv bts! KEREN KAK! Aku suka plus makasih krn udah buat aku suka sama BTS. maybe i'll be ARMY? Hahah

Happy Day mengatakan...

Mv ini membuat ku berfikir keras :v

Cyinta Safitri mengatakan...

Its so great, bagus banget reviewnya.
klo albumnya dia banyak yg menjadi satu cerita berarti dari awal bikin bts mereka punya konsep tersendiri ya?
gue ngebayanginnya dia istilahnya dari remaja>dewasa next ada tua/menginggalkan dunia music ya?
dan hampir disetiap musiknya dia (gasemua) ada beberapa lirik yg sedikit menjuru ke frustasi. iya ga si?

FatirNgedep33 mengatakan...

Iya gw juga dengar suara j-hope