Dilarang keras MEMPOSTING ULANG artikel dari Blog tanpa seizin pemilik. Jangan me Repost cukup taruh Link saja.
DON'T HOTLINK !! ~Happy Reading~ Terimakasih :)

Rabu, 09 Mei 2018

[REVIEW] BTS LOVE YOURSELF 轉 TEAR 'SINGULARITY' JUST AMAZING TAEHYUNG AAAA~





Chingudeul~ anyyeong! >o<)/


Akhirnya nongol juga trailer barunya, dikirain BigHit nya lupa kalo BTS punya jadwal comeback... kelamaan banget sihhh hhaa

Nah, terus apa kabar Taehyung stan???? masih pada sehat amiiiiin kan? wekwekwek

Ternyata “Tear” dulu yang keluar ya. Aku malah nebak “Answer - Epiphany”. Lupa kalo yang namanya “Answer” itu pasti keluar diakhir(?)

Yaudah gak usah lama-lama intro. Udah kelamaan ngepostnya gara-gara aku baru punya kuota wkwkwkwk

Maklum lah lagi nganggur ini :v :v :v selama nganggur kerjaannya Cuma ngurusin oppa doang sambil ngayal kapan dilamar Oppa *bhahahaha~ * lacknut sekali khayalanmu min~~~

.

.

.

.

.




~~~


Okeyy, sebelum mulai ke pembahasan yang lebih jauh dan panjang. Pertama-tama kita mengerti dulu kata “SINGULARITY” yang dijadiin title BTS kali ini punya makna seperti apa.


Arti Singularity atau Singularitas dalam kamus Bahasa Indonesia adalah Keistimewaan (tentang memori), keganjilan, dan identik dengan keanehan.

Pas aku searching Mbah Google ternyata nemu banyak makna mengenai kata “Singularity” ini.

Singularitas dari segi Matematika berarti titik tunggal dimana garis paralel harus bertemu.

Sedangkan, kalau kita lihat dari segi ilmu Astronomi punya arti yang berkaitan dengan Black hole (lubang hitam).

Lubang hitam yang dimaksud dalam konsep BTS mungkin menunjukan sebuah peritiwa titik balik. Yang dapat menghasilkan jalan hidup, kehidupan orang lain, bahkan perubahan yang terjadi di dunia apa itu berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk tergantung pada apa yang dilakukan ketika memasuki lubang hitam -perjalanan ke titik balik- tersebut.




~~


Jari tangan Taehyung cantik πŸ˜πŸ˜†


Di detik awal kita ditunjukan perform apik -dari orang paling tampan di dunia- Kim Taehyung.

Demi apa...awal-awal aku kira itu bukan tangan dia wkwkwkwk *salah fokus*

Koreo nya Taehyung ini pake patung menurut aku bukan tanpa makna.

Patung itu merepresentasikan kepalsuan. Make sense sama part karakter dan situasi Taehyung selama ini,

Lirik “Tear-Singularity” ini juga tentang seseorang yang memiliki hubungan jarak dengan orang lain akibat adanya penghalang berupa es yang belum mencair yang menahan dirinya.

Dalam hal ini patung disini bisa dikaitkan dengan usaha Taehyung untuk mendekati hal-hal yang lebih baik yang bisa membuat pikiran dan jiwanya mengerti akan dirinya.





~~~



Di Trailer ini banyak bermain warna. Yang ngingetin aku sama era BS&T dan DNA.

Warna ini mungkin dipilih juga karena punya kaitan sama isi dari cerita di trailer. Pertama yang kita lihat diawal adalah warna hitam dan putih. 
Yang menarik adalah kemudian ada warna merah yang bisa jadi smbol cinta dan kemarahan.

Gak bisa dipungkiri(?) kalau era ini pun bercerita tentang rasa cinta. Konsepnya juga remaja. Rasa cinta antara sahabat, kieluarga, diri sendiri dan bahkan pernah menunjukan rasa cinta antara lawan jenis juga di Highlight Reel.

Kemarahan... kita banyak liat adegan ketika OT7 full of emosi ya. Terutama Yoongi, Taehyung, dan bahkan Jin hyumg hhha


Kemudian warna merah dengan warna kuning di kedua sisi ruangan. Kuning adalah simbol energi dan perasaan bahagia.

Kuning juga adalah warna untuk matahari. Matahari itu terang. Jadi aku menyimpulkan sesuai lirik dan peristiwanya, part ini mau menekankan bahwa disaat masa tergelap pun pasti akan ada sedikit cahaya.


Lanjut dengan warna biru. Biru adalah warna untuk langit dan laut. Yang melambangkan rasa percaya, kesetiaan dan keyakinan.

Pernah aku bahas di Review Spring Day MV juga.

Dan terakhir itu warna Ungu yang menunjukan pengaruh, pandangan ketiga, misteri, arogansi, kepercayaan yang mendalam, magic, keajaiban, dan harga diri, yang menurutku hal itu semua terkait sama Taehyung. (apa sengaja dikaitkait wkwkwk) ehh gak ding serius, emang relate banget sama Taehyung dan era-era ini kok.







~~~




“Suara sesuatu yang pecah

Aku terbangun dari tidurku

Suara yang tidak biasa

Aku mencoba menutup telinga

Tapi aku tetap tidak bisa tidur”




Lirik ini mungkin berbicara tentang suatu konflik yang pernah terjadi dan kemudian terulang lagi. Apa yang selalu terulang dari kisahnya Taehyung? Yaps~ itu adalah perasaan bersalahnya setelah membunuh ayah nya. Rasa takut itu muncul berulang meskipun Taehyung mencoba menghapusnya.

Kalimat “Aku mencoba menutup telinga” mungkin berarti bahwa dia mau bersikap seolah dia gak denger apapun. Dia berusaha seolah gak ada apa-apa yang terjadi,

Tapi, perasaan bersalahnya lebih kuat daripada rasa acuhnya, yang membuat dirinya tenggelam dalam lautan luka dalam~~~ *butiran debu* (?)




~~~



“Rasa sakit di tenggorokanku semakin memburuk

Cobalah untuk menutupinya

Aku sudah tidak memiliki suara

Namun hari ini, aku mendengar suara itu lagi”




“Aku sudah tidak memiliki suara”. Selama ini dia sudah berteriak, meminta seseorang menolongnya, berteriak sangat banyak sampe tenggorokannya sakit dan suaranya menghilang.

Gak ada yang bisa denger teriakan Taehyung. *mungkin ini Taehyung teriaknya didalam hati. Ngebatin kali dia, sampe akhirnya capek sendiri. Ya begitulah kalian paham kan.ching maksud frasa itu*

Karena udah capek sekarang dia jadi Cuma mau menutupi rasa sakitnya. Karena dia selalu takut kalau situasi akan jadi lebih buruk ketika orang lain (teman-temannya) tau akan dosa terbesarnya.

Hal ini yang bikin dia semakin menderita.

Iya ching...nahan rasa sakit sendirian justru bikin tubuh dan pikiran kalian ikut terluka :’((



Akhirnya, dia pake topeng untuk berkamuflase. Menutupi dirinya yang asli dengan topeng berbagai rupa. Tapi kemudian Taehyung sadar kok kalo ada yang salah dalam dirinya.

Yaudah lanjut dulu ke lirik selanjutnya...




~~~



“Suara itu menyebabkan retakan di danau beku ini

Aku menceburkan diri ke danau

Aku mengubur suaraku untukmu”




Lirik ini mengacu pada fenomena langka yaitu gempa es.

Gempa es menghasilkan ledakan besar dengan suara yang keras, dan membuat kerusakan permanen disekitar area gempa itu terjadi.

Dalam hal ini menggambarkan Taehyung yang dihadapkan kembali dalam situasi yang sama. Dirinya yang berada ditengah danau es yang akan hancur, dia yang gak bisa kemanapun dan akhirnya pasrah harus nyebur. Tapi keberanian ini jadi satu titik dimana Taehyung mau mencoba untuk jujur pada dirinya, berani untuk mau mengambil resiko.





~~~




“Di atas danau musim dingin aku terlempar

Es tebal telah terbentuk

Dalam mimpi aku segera masuk

Rasa sakit yang menyiksaku tetaplah sama”




“Phantom Pain” ini istilah untuk fenomena ketika orang yang udah diamputasi salah satu bagian tubuhnya tapi masih merasakan sakit dibagian tubuh yang hilang itu. *duhhhh gak sia-sia sering nonton Drakor ya. Berguna juga wkwkwkwk*



Jadi Phantom pain yang dimaksud dalam lirik ini berarti tentang ilusi otak yang menerima emosi tertentu yang tidak seharusnya dirasakan tapi tetap dirasa.

Semacam gambaran dari kesedihan mendalam karena kehilangan sesuatu yang ada atau tidak ada.

...

Nah, setelah sebelumnya menceburkan diri akhirnya Taehyung terlempar keluar. Es pun kembali membeku. Taehyung keluar dengan kalo dia udah berhasil menangani masalahnya.

Dengan percaya diri dia kembali masuk ke mimpinya, tapi rasa sakit nya muncul lagi. “Ngearasa udah hilang tapi masih berasa sakit”-Phantom pain- itu terjadi mungkin karena Taehyung masih setengah-setengah percaya sama dirinya sendiri. Jadi dia masih belum percaya diri buat yakin untuk jujur dan mengakui kesalahannya.




~~~



“Apa aku kehilangan diriku

Atau aku sudah mendapatkanmu

Aku tiba-tiba berlari ke danau

Ada wajahku didalamnya”




Lukisan Narcissus karya Caravaggio (1594-96)


Namanya Narcissus, diceritakan sebagai pria paling tampan di Yunani. karena ketampanannya dia ngerasa kalo gak ada wanita yang pantas untuk dapetin perhatian kusus dari dia.

Dia pun gak bisa menemukan orang lain yang cukup menarik untuk menerima cintanya.

Suatu hari, Narcissus berjalan dan melewati kolam. Disana ia melihat pantulan dirinya dari air kolam dan langsung merasa jatuh cinta pada sosok itu. dia bahkan coba mencium pantulan tersebut, tapi ketika dia menempelkan bibirnya, riak-riak air membuyarkan bayangan itu.

Karena gak mau bikin pantulan dirinya di air rusak, akhirnya dia duduk dieeemmm bae disitu sambil mandangi wajahnya sendiri yang di air. Gak pergi kemana-mana akhirnya Narcissus mati bodoh disana. *narsis banget sih*



Kok, jadi bahas Narcissus.



Karena liriknya lohhh... lukisannya juga serupa sama scene Taehyung. Disini 


Taehyung mencoba untuk mengatasi sisi gelapnya dengan cara mencintai dirinya sendiri.

Bedanya dari Narcissus, Tae disini bukan narsis ya. 
Dia memandangi dirinya di itu untuk berkaca pada sosok bayangannya tersebut.
untuk mencoba lebih mengenal dan memahami dirinya sendiri.

dia memandangi sosok dirinya yang terjebak di air sambil semcam bilang “kamu harus keluar dari situ untuk bisa memulai kehidupan yang normal. Kamu gak bisa bebas kalo terus disana! Keluar!”


Jadi Taehyung disini meyakinkan dirinya(lagi). Dia harus berusaha melupakan masa lalu, tapi susah karena dia selalu dibayangi ingatan dari rasa sakit dan suara-suara yang muncul.



Jadi keinget satu quotes dari Drama “Just between lovers”. Begini kutipannya:

“Orang-orang mengatakan ini sebagai kata penghibur, “ini akan berlalu”, mereka benar. Gak peduli seberapa mengerikan situasinya, semua akan berlalu. Ya pasti berlalu. Tapi masalah dan rasa sakitnya akan selalu kembali”



Sama aja sih kaya yang dialami Tear-Singularity. Ia mau lupa, tapi tetep aja sulit. Keinget selalu kok... sakitnya masih kerasa walaupun udah berlalu.





~~~






“Tolong jangan katakan apapun

Jangkau tanganku untuk menutup mulut”



(lagi), ketika bad Taehyung mencoba menahan dirinya untuk mengungkapkan kebenaran. Dia masih belum yakin *ni anak labil amat* takut malah menyakiti orang lain jadi masih belum siap untuk memulai




~~~




“Tapi pada akhirnya,

Musim semi akan datang

Suatu hari nanti es akan mencair dan mengalir”




Okeyyy cakep, akhirnya Taehyung sadar. Ini adalah part ketika Taehyung mulai melihat ada harapan untuk situasinya.

Mengacu pada “Spring day”, tentang masa sulit yang toh nanti akan berakhir.sama kaya siklus musim dingin yang diikuti musim semi selalu begitu.

Masalah dan masa sulit yang datang emang gak bisa dihindari, jadi cukup mengibaratkan kesulitan itu seperti es yang akan mencair dan mengalir suatu saat nanti.

Kemudian kehangatan dan kebahagian akan datang setelahnya.





~~~





“Katakan padaku jika suaraku tidak nyata

Jika aku tidak harus membuang diriku

Katakan padaku jika rasa sakit ini tidaklah nyata”





Lirik ini menunjukan interaksi pertama Taehyung pada orang lain. Jelas ini dia udah mulai untuk membuka diri.

Liriknya seperti dia yang meminta pendapat dari seseorang apakah keputusan yang dia ambil tepat,, dia juga bertanya apa dia harus tetap menyimpan rahasianya sendirian atau berbagi cerita yang menyakitkan itu dengan orang lain dan meminta bantuan mereka.




~~~




“Apa yang harus aku lakukan saat ini?”




Tau lah Tae, guw aja bingung guw mau ngapain sekarang *plakkk*

Sekarang dia mulai bertanya untuk langkah selanjtnya. Yaudah Taehyung ah~ abis ini kamu ke rumah noona, ngopi :v



Kesedihan Taehyung disebabkan oleh rasa sepi dan caranya yang menyimpan masalahnya sendiri. Jadi dia terjebak dalam konflik batinnya sendirian. Itu berdampak pada dirinya yang jadi kacau dan kehilangan sosok dirinya yang asli karena terlalu banyak menyamar dengan topeng-topeng penuh kepalsuan kkkk~





Taehyung yang mencoba memakai topeng diakhir mungkin menggambarkan diri Taehyung yang sudah siap menceritakan kisahnya pada orang lain, namun karena itu bukan sesuatu yang ia sukai, dia kembali memakai topengnya untuk menutupi rasa sakitnya.

Abis tu kan Taehyung ngeluarin air mata. Dia gak mau keliatan rapuh gitu mungkin.

.
.
.
.


Sampe disini bahasannya. Semoga Chingudeul puas dan bisa ngerti celotehannya Supernoona.




Sampai jumpa di postingan berikutnya.










Bye~~~~


10 komentar:

Anonim mengatakan...

ah... aku juga tertipu yang dance pakai gantungan kain ;v untung langsung sadar itu tangannya taehyung... btw secara pribadi aq lebih sukaan euphorianya jungkook XD

supernoona mengatakan...

Enak dua-duanya sih.
Aku juga lebih suka Euphoria kalo dari lagu, tapi suara V bener-bener bikin nagih 😍 jadi Singularity juga suka kok wkwk

Anonim mengatakan...

Yes! Akhirnya review ini keluar juga,aku udah nunggu dari minggu kemaren,makasih ya eon 😊

supernoona mengatakan...

Sama-sama terimakasih πŸ˜πŸ‘

Anonim mengatakan...

Aku mau nanya dong,Eon punya Instagram gak?

Unknown mengatakan...

Gumawo eonni �� ditunggu review selanjutnya..

supernoona mengatakan...

SiapπŸ™ŒπŸ˜ŠπŸ˜Š

supernoona mengatakan...

ada sih, tapi jarang aktif @xadleena
πŸ˜‚

Anonim mengatakan...

Eonnie,ada comeback baru,judulnya Fake Love. Btw,eon bakal tulis reviewnya gak? 😊 ditunggu ya eon 😊

Unknown mengatakan...

Duhhhh suka bgt bacanya...
Trimakasih sudah berbagi cerita