Dilarang keras MEMPOSTING ULANG artikel dari Blog tanpa seizin pemilik. Jangan me Repost cukup taruh Link saja.
DON'T HOTLINK !! ~Happy Reading~ Terimakasih :)

Minggu, 12 Agustus 2018

[REVIEW] TIMELINE BTS THE NOTES SEOKJIN & INTRO ANSWER - EPIPHANY by Supernoona





Seokjin The Notes
.
.
.
- 2 Maret 2019 : Seokjin baru saja tiba 10 hari lalu di Korea. Sebelumnya Seokjin tinggal di Amerika. Dan hari ini ayah Seokjin memasukannya ke Sekolah baru. Ayahnya mengajak Seokjin bertemu dengan Kepala sekolah sekaligus menitipkan Seokjin pada Kepala sekolah tersebut.

Dari pertemuan itu, terlihat ayah Seokjin yang sangat peduli dengan nilai-nilai anaknya di sekolah.

Seokjin menatap kepala sekolahnya yang sama sekali tidak bersahabat ketika melihatnya.

Beberapa hari berlalu, Seokjin dengan cepat beradaptasi dengan lingkungan di sekolah barunya. Dia juga berteman dengan beberapa anak lain dan mulai sering bermain dengan mereka, bahkan menemukan ruang kelas kosong yang digunakan sebagai tempat mereka berkumpul.



- 19 Juni 2019 : Seokjin pergi ke laut bersama mereka. 
Malamnya Seokjin beradu argumen dengan Namjoon dan Taehyung. Yang bahkan sampai membuatnya berkelahi dengan Taehyung. Sejak malam itu, mereka terutama Seokjin, tidak lagi berkumpul bersama sebagai geng.


- 12 Juli 2020 : Ketika Seokjin pergi ke sekolah. Itu adalah libur pertama musim panas sehingga banyak orang disana.

Seokjin bertemu dengan Hoseok dan Jimin, mereka menyapa Seokjin “Hyung!” seperti biasa dengan tawa lebar dan cerah dari wajah mereka. Hoseok bertanya pada Seokjin, “Ini hari pertama libur, apa Hyung masih akan pergi?” Seokjin menjawab pertanyaan Hoseok dengan dingin “Ya.” Dan kemudian memalingkan wajah.

Saat Hoseok berkata “Selamat berlibur!” Seokjin mengabaikan Hoseok dan pergi begitu saja tanpa menjawabnya.


- 13 Juni 2022 : Setelah dua tahun, Seokjin pergi ke laut sendirian. Kembali ke tempat dimana dia berada sebelumnya.

Seokjin tidak melakukan kontak dengan siapapun, seolah memang mereka merencanakan untuk tidak saling mengabari.

Seokjin hanya tau keberadaan mereka dengan melihat grafiti, lampu pom bensin yang menyala terang, dan mendengarkan suara piano di ruang kelas.

Dia kembali teringat malam itu, dua tahun yang lalu ketika dia berkelahi dengan Taehyung. Dia mengejar Taehyung keluar tapi tidak dapat menemukan Taehyung. Kemudian dia kembali ke rumah itu dan melihat kekacauan yang terjadi akibat perkelahian mereka. Cangkir yang pecah, noda darah yang mulai mengering, dan remah-remah kue yang mengingatkannya kembali pada peristiwa beberapa jam yang lalu.

Seokjin juga melihat foto yang tergeletak dilantai , mereka bertujuh yang berpose dengan berlatar laut.  



Seokjin mengatakan ingin bertemu dengan mereka lagi, tertawa bersama seperti dulu, dan berharap hari itu akan datang.

Dia akan memberanikan diri menemui mereka dan mendekat kembali.



Pada saat itu telepon Seokjin berdering. Pesan dari Hoseok yang mengatakan, “Hyung, Jungkook mengalami kecelakaan malam itu.”




- 11 Juli 2022 : Seokjin bertemu dengan seorang gadis yang menjatuhkan buku diary berwarna merah. (Highlight reel)



- 03 Agustus 2022 : Seokjin kembali ke sekolah lamanya. Membuka pintu penyimpanan di ruang kelas. Seokjin teringat pada beberapa hal yang sudah terjadi disana. Tiba-tiba kepalanya terasa sakit seperti ketakutan yang membuatnya begitu.

Taehyung memegang tangan Seokjin dan berkata, “Hyung, cobalah sedikit lagi. Coba untuk mengingat apa yang terjadi disini!” Seokjin menghempas tangan Taehyung . Taehyung terus berkata tentang memori... memori...namun pada akhirnya Seokjin hanya teringat pada hal-hal buruk.

Ketika Seokjin bersikeras ingin kembali, Taehyung selalu menahannya sampai membuat mereka akhirnya berkelahi.

Seokjin menabrak dinding dan langsung terjatuh.



Seokjin bangun dengan nafas berat lalu ia terbatuk.



“Apa kau baik-baik saja?” Seokjin akhirnya menyadari sesuatu, bahwa tembok telah runtuh. Dia ingat pernah menghabiskan waktu disini bersama mereka.

Namjoon menemukan sebuah catatan dari dalam lemari. Dan tidak pernah diduga itu adalah catatan milik ayah Seokjin.

Dia dengan paksa merebutnya dari Namjoon sampai membuat Namjoon terkejut.

Itu bukan tentang perjalanan hidup ayahnya, melainkan sebuah catatan yang ayah Seokjin tulis bersama dengan temannya.



Ayah Seokjin mengalami hal yang sama dengan yang dialamu olehnya. Ayahnya membuat kesalahan dan berlari.

Isi catatan itu penuh dengan kegagalan dan ayahnya yang menyerah dan membiarkan teman-temannya kecewa.

“Ini semua di mulai dari sini.” Suatu peta mengingatkan Seokjin pada sosok ayahnya yang merasakan kekecewaan, keputusasaan dan rasa takut. Seokjin kemudian memandangi adik-adiknya yang lelap tertidur, dia mulai menangis .

“Semuanya dimulai dari sini, kami belajar tentang arti melakukan berbagai hal bersama dan sukacita tertawa bersama.”




- 15 Agustus 2022 : Seokjin akhirnya menemukan toko yang menjual bunga smeraldo. Owner toko bertanya pada Seokjin kenapa membutuhkan bunga itu.

Seokjin berkata dalam hati, “Aku tidak memiliki alasan. Aku hanya ingin membuatnya senang, aku ingin membuatnya tersenyum, aku hanya ingin melihatnya dengan ekspresi yang baik, dan aku ingin menjadi orang yang baik.”

Owner berkata Seokjin harus menunggu dan akan segera mengirimkan Seokjin bunganya langsung ke rumahnya.




- 30 Agustus 2022 : Seokjin membawa bunga smeraldo. Itu adalah hari ketika Seokjin ingin bertemu dengan seorang gadis dan tiba-tiba gadis itu mengalami kecelakaan tepat didepannya.

Lalu Seokjin berkata, “Seandainya aku bisa kembali...”



-


-


~END~








REVIEW BTS INTRO JIN LOVE YOURSELF : ANSWER –EPIPHANY



Dan sesuai yang aku tulis di awal , aku bakal sedikit mereview JinTro Ephiphany.

“Pada akhir dari perjalanan menemukan diriku. Hal yang aku capai adalah kembali ke tempatku. Pada akhirnya apa yang harus kau temukan adalah awal dari segalanya.

Dan itu adalah tiangnya, sebuah peta jiwa.

Semua orang mungkin memiliki ini, tapi tidak semua dapat menemukannya.

Aku akan mulai mencari milikku sekarang.”



Itu kalimat yang ada di ending JinTro ya... tulisannya jelas banget kalo Jin akhirnya menemukan apa yang dia harus lakukan. Meninjau lagi apa kesalahan-kesalahan yang dia lakuin sebelumnya. Dan kembali ke tempat awal dimana seharusnya dia berada.

Selama ini dia gak berusaha untuk menghadapinya tapi malah berusaha untuk lari dan menghindari masalahnya.



Soal Jin yang Time traveler, aku masih setuju dengan theory ini. Di mv nya juga yakin banget kalo itu menjurus ke time traveler.

Seokjin yang melakukan kegiatan yang sama secara berulang dengan Seokjin lain yang ada diruangan.

Air hujan yang aneh di mv, juga yakin banget kalo ini tuh konsep penjelajah waktu gitu XD

Semua berawal dari buku diary yang Seokjin pungut di depan rel kereta. Iya... buku harian yang dijatohin si cewek di Highlight reel itu.

sejak punya diary itu Jin jadi bisa menjelajah waktu. Pergi ke masa lalu atau masa depan dan berusaha ngerubah hal buruk yang terjadi. Sama dirinya dan bahkan temen-temennya.

Seokjin berusaha merubah sesempurna mungkin, tapi yang terjadi adalah... setiap apa yang dia rubah akan berefek pada kejadian lain. So, gak ada yang beres ketika dia mencoba merubah keadaan.



Mungkin efeknya juga ngaruh sama ingatan dia. Makanya di THE NOTES tanggal 30 Agustus 2022 Kim Seokjin (catatan yang baru keluar kemaren) , Seokjin seolah hilang ingatan. Dia tau soal ingatannya yang bisa mendadak hilang setiap dia ngelakuin perjalanan waktu, jadi Seokjin selalu merekam segala moment pake kameranya tiap dia pergi ke masa lalu atau masa depan.



Nah mungkin kemampuan Seokjin emang turun dari ayahnya. Ayahnya juga seorang time traveler karena dia punya diary dan juga punya kisah sama kaya yang dialamin Seokjin.

Karena ayahnya gak banyak diceritain jadi aku Cuma bisa ambil kesimpulan kalo ayahnya menyerah. Banyak hal yang dia rubah gak berjalan sesuai rencana.



Jadi intinya, pada akhirnya Seokjin sadar gak ada gunanya merubah masa lalu atau masa depan. Dia hanya perlu ketempat dia seharusnya berada. Biarin semuanya berjalan sesuai yang seharusnya.

Dan dia Cuma perlu berusaha melakukan yang terbaik supaya hal-hal buruk yang terjadi gak makin buruk dampaknya sama kehidupan dia atau teman-temannya.



Ok, keutt~

Semoga penjelasan Supernoona membantu readersnim yang penasaran.

Aku akan sangat menerima saran atau masukan dari chingudel yorobun~ aku gak akan segan mengedit kalo suatu hari ada beberpa hal yang berubah.

Menurutku ini juga merupakan support buat Bangtan ya hhheee jadi terimakasih sudah membaca :D



Sampai jumpa di comeback Bangtan yang tinggal beberapa hari lagi



Bye~~~~








 

9 komentar:

An ordinary girl mengatakan...

oh iya kak, aku pernah baca dari video di yutup tuh katanya karna jin tuh seorang time traveler jadi kan kayak dia suka gonta ganti baju buat mengantisipasi apa yg bakal terjadi nntinya, jadi itu tuh alasan kenapa part nya suga di mv spring day tuh ada banyak baju yg menggunung itu. karena jin ngelakuin perjalanan waktunya terus2an....

supernoona mengatakan...

Aku gak mikir sampai kesana soal baju-baju di Spring day. Ya tapi bisa juga sih ya ching. Kaya di Epiphani kan ada adegan Jin ganti baju dulu sblm keluar, dan kayanya hasil dari tiap adegan Jin keluar-masuk rumah itu beda2 (diliat dari scene nya)

Unknown mengatakan...

Hello kak, aku baru baru ini suka sama BTS dan coba buat ngudek ngudek teori BTS. Dan sejauh ini, teori yang paling jelas, paling detail, dan yang paling masuk akal menurut ku teori kakak. Ngubungin potongan MV, lirik, dan note diary nya Jin. Semua nyambung. Thank you, sumpah review nya berguna bgt buat new army kaya aku

supernoona mengatakan...

Hallo juga... Makasih udah mampir ke blog Supernoona dan Alhamdulillah kalo ngebantu kamu buat lebih tertarik sama BTS. 👍😄

An ordinary girl mengatakan...

iya sih emg gak kepikiran juga... pas liat teori yutup yg xCeleste tu bner2 kaget, sampe gtu bgt teori yg bighit bikin :D

Unknown mengatakan...

Kak buat teori epiphany nggak

supernoona mengatakan...

Ehh kebetulan enggak tuh. 😀

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum ka, aku juga mendadak army gegara review an dari kaka ini, awal ny mah ndengerin mv BTS tuh cuma hiburan semata tp gegara nyasar ke blog kaka jd makin cinta ama BTS dan makin kenal ama BTS uga😆😆

supernoona mengatakan...

Hallo... duhh syukur ya blog Supernoona ikut bantu kamu makin suka bangtan 😅😆 makasih udah sempetin comment ya,chingu. Btw maaf nih bales nya telat.